Home / Umum / Tips dan Metode Belajar Bahasa Arab

Tips dan Metode Belajar Bahasa Arab

/
/
327 Views
img
Pada dasarnya belajar bahasa apa pun prinsipnya hampir sama, sering membaca, sering mendengar, sering berbicara.

Karena itu pula dalam tes kemampuan berbahasa biasanya aspek yang dinilai biasanya tak akan jauh daripada itu; Reading, Listening, Speaking..

Dalam bahasa Arab juga sama.. Qiraah, Istima’, dan Muhadatsah!

Berikut akan kami jabarkan beberapa tips dan langkah dalam belajar bahasa Arab.

Bagi para pemula…

 

1. Belajar membaca huruf dan tulisan Arab

Ini adalah langkah paling dasar dalam belajar bahasa Arab. Di Indonesia, kita mengenal buku Iqra’ yang banyak dipakai oleh orang yang baru belajar membaca Al-Quran.

Buku ini selain bagus untuk belajar membaca Al-Quran, juga bagus untuk belajar membaca tulisan Arab. Karena memang sejatinya tak ada banyak perbedaan antara penulisan Al-Quran dan penulisan bahasa Arab sehari-hari.

Artinya orang yang lancar membaca Al-Quran, insya Allah secara otomatis akan lancar pula membaca tulisan-tulisan Arab lainnya, baik dalam bahasa Arab sehari-hari, maupun dalam teks-teks agama Islam seperti hadis Nabi, dll.

 

2. Belajar menulis huruf dan tulisan Arab

Banyak orang hanya berhenti pada lancar membaca, namun tatkala diminta menulis, ia tak bisa.

Nah, bagi yang benar-benar ingin menguasai bahasa Arab, langkah kedua ini tak bisa dihindarkan, artinya ini merupakan bagian dari ilmu yang perlu dipelajari.

 

3. Menghafal kosa-kata dan ungkapan sehari-hari

Ada yang bilang: “Ya akhi, saya ini orangnya ga bisa menghafal!!”.

Kami bilang: Terlepas dari perbedaan level kecerdasan, pada dasarnya tiap orang diberi kemampuan menghafal oleh Allah SWT, dan percayalah bahwa tak ada satu pun orang di dunia ini yang tidak bisa menghafal! Percayalah!

Buktinya adalah semua orang bisa berbicara (terkecuali penyandang disabilitas seperti tunawicara dan tunarungu).

Artinya kita mampu menghafal kosakata yang kita dengar dari orang tua dan lingkungan kita, dan dengan kemampuan menghafal tersebut lah kita mampu untuk berkomunikasi dengan orang lain. Iya kan?

Jadi sekali lagi, percayalah bahwa Anda sebenarnya mampu dan punya potensi..

Nah, setelah meyakinkan diri bahwa Anda bisa menghafal, mulailah menghafal hal-hal paling sederhana seperti Ana, Anta, Huwa, Nahnu, Dsb..

Mulailah dari kosakata yang paling sering dipakai sehari-hari terlebih dahulu. Nanti perlahan bisa diperluas lagi kosakatanya.

Selain kosakata, hal yang tak kalah pentingnya untuk dihafal adalah ungkapan sehari-hari atau dalam bahasa Inggris biasa disebut Daily Common Expression.

Mulailah dari menghafal: كَيْفَ حَالُكَ – مَا اسْمُكَ – مِنْ أَيْنَ أَنْتَ dan seterusnya.

Lantas bagaimana caranya menghafal?

Caranya adalah dengan mengulang, mengulang, dan mengulang terus sampai hafal.

 

4. Perbanyak praktik, tanpa memusingkan tata bahasa

Kami sarankan untuk memperbanyak praktik, baik dengan sesama pelajar, maupun dengan orang Arab asli. Karena ilmu tanpa pengamalan bagaikan pohon tak berbuah. Selain itu praktik juga akan memperlancar lidah kita.

Dalam praktik juga hendaknya tidak usah terlalu memusingkan diri dengan aturan tata bahasa (Nahwu-Sharaf), karena dalam praktiknya orang Arab sendiri juga banyak yang tata bahasanya amburadul.

Tata bahasa baru akan sangat diperlukan di forum resmi dan pendidikan yang notabene para pembicaranya adalah para akademisi.

Adapun jika tujuan Anda dalam belajar bahasa Arab adalah untuk komunikasi, maka kami tidak sarankan Anda untuk terlalu pusing dengan tata bahasa.

Namun bukan berarti bahwa tata bahasa itu tidak penting, tata bahasa itu penting, bahkan sangat penting, namun ia bisa didalami kemudian, bisa menyusul seiring dengan berjalannya waktu. Bagi para pemula, hal yang terpenting di awal pembelajaran adalah praktik.

 

Bagi yang sudah mahir..

5. Perbanyak membaca kitab-kitab dan situs-situs berbahasa Arab.

Literasi itu penting, sebanyak apa pun kosakata yang kita miliki namun tidak dibarengi dengan membaca yang banyak akan ketinggalan. Karena banyak kosakata baru terus bermunculan di dunia nyata.

Karena itulah, selain membaca buku-buku berbahasa Arab, kita juga harus mengupdate kemampuan bahasa kita melalui banyaknya membaca situs-situs berbahasa Arab, karena ada banyak kosakata kontemporer yang sulit kita dapatkan di buku-buku, terutama kitab-kitab klasik, namun bisa kita dapatkan melalui media-media berbahasa Arab.

 

6. Perbanyak menonton video-video berbahasa Arab

Ada banyak Channel di youtube yang menyediakan video berbahasa Arab, baik Fusha maupun Amiyah. Namun kami tidak menyarankan bahasa Amiyah karena ada perbedaan antara satu negara Arab dengan negara Arab yang lainnya. Maka fokuslah ke Fusha..

 

7. Terakhir, jangan lupa berdoa 😊

Setelah berusaha dengan maksimal, tibalah waktunya menyerahkan hasilnya kepada Allah yang Maha Kuasa, karena bagaimanapun kemampuan kita sebagai manusia sangat terbatas.

Demikianlah beberapa tips dari kami bagi yang berkeinginan untuk belajar bahasa Arab. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Bagikan:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views :