Home / Umum / 5 Alasan Mengapa Kita Perlu Belajar Bahasa Arab

5 Alasan Mengapa Kita Perlu Belajar Bahasa Arab

/
/
190 Views
img

Selamat datang semuanya di Website Arabiyyah.id, pada artikel pertama ini kami ingin mengutarakan sedikit yang kami pikirkan tentang alasan mengapa kita harus belajar bahasa Arab. Baiklah, langsung saja ya.. Mengapa sih kita perlu belajar bahasa Arab?  

1. Bahasa Arab adalah bahasa pemersatu umat Islam

Kita semua tahu bahwa agama Islam -walaupun tidak hanya diperuntukkan bagi orang Arab- mulai muncul di tanah Arab dengan dibawa oleh seorang Nabi dari bangsa Arab, yaitu Nabi kita tercinta Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

Hari ini umat Islam tersebar di berbagai penjuru dunia, dengan jumlah pemeluk melebihi 1 milyar dan mereka berbicara berbagai macam bahasa sesuai dengan negara dan suku bangsa masing-masing.

Dengan adanya bahasa Arab, komunikasi umat Islam dari berbagai negara ini terjalin dengan baik berabad-abad lamanya, mulai dari masa Rasulullah SAW hingga hari ini.

Bahkan jika kita lihat sejarah tanah air kita, banyak sekali ulama Nusantara dulu menulis kitab-kitab dalam bahasa Arab karena nusantara ketika itu adalah gabungan dari berbagai suku bangsa, tak hanya Indonesia yang membentang dari Sabang sampai Merauke, namun juga Malaysia, Brunei, Filipina, hingga ke Thailand Selatan.

2. Kitab Suci Al-Quran dan Hadits Rasulullah berbahasa Arab

Memang benar bahwa saat ini sudah banyak terjemahan Al-Quran dan Hadits dalam bahasa Indonesia yang dapat membantu kita dalam memahami keduanya. Namun terjemahan itu tak akan pernah dapat menjadi “Pengganti” bagi keduanya.

Buktinya ketika kita sholat, kita tidak bisa mengganti bacaan sholat kita (misalnya surah Al-Fatihah) dengan terjemahan bahasa Indonesianya kan?

Selain itu, terjemahan sebenarnya adalah buah karya penerjemah yang dihasilkan dari sudut pandang dan pemahaman si penerjemah.

Artinya bisa saja suatu ayat atau Hadits akan memiliki terjemahan yang berbeda antara satu penerjemah dengan penerjemah yang lain.

Nah, di sinilah letak urgensi kemampuan berbahasa Arab. Supaya kita dapat memahami Al-Quran dan Hadist dari sumber aslinya, bukan dari sudut pandang pemahaman penerjemah.

3. Bahasa Arab adalah bahasa Sastra yang Indah

Bangsa Arab sejak zaman dahulu dikenal sebagai kaum yang sangat menyukai sastra, bahkan dulu ada sebagian penyair yang menggantungkan pencahariannya pada syair.

Artinya sastra pada masa itu benar-benar adalah sebuah profesi yang menjanjikan, di mana orang-orang berlomba-lomba untuk membuat syairnya.

Dulu para penyair bahkan mampu untuk mendamaikan 2 suku yang sedang berperang dengan untaian kata-katanya. Ada juga para penyair yang mampu mengumpulkan banyak dinar hanya dengan memuji para penguasa. Dll.

Dalam bahasa Arab ada terdapat keindahan yang biasanya dibahas dalam Ilmu Balaghah. Selain itu bahasa Arab juga terkenal sebagai bahasa yang sangat ketat dalam hal Qawaid (tata bahasa), kita mengenal Ilmu Nahwu dan Sharaf yang mengaturnya kaidah-kaidahnya.

4. Bahasa Arab adalah bahasa yang terjaga

Pernahkan Anda membaca tulisan bahasa Inggris yang ditulis beberapa abad lalu?

Anda pasti dibuat bingung karena ada banyak sekali kata-kata yang sangat berbeda dan tak sesuai dengan bahasa Inggris hari ini.

Begitu juga dengan bahasa kita bahasa Indonesia, juga mengalami banyak perubahan dari masa ke masa.

Tanpa bermaksud merendahkan atau meremehkan, namun begitulah kenyataannya banyak bahasa berbagai bangsa di dunia mengalami perubahan dari masa ke masa hingga membuat generasi setelahnya kesulitan untuk memahami tulisan generasi sebelumnya.

Namun tidak demikian halnya dengan bahasa Arab, ia adalah bahasa yang sama dari zaman Nabi, bahkan dari zaman jahiliyah dulu hingga hari ini.

Walaupun bahasa Arab mengalami pengembangan dalam arti penambahan kosa-kata baru yang mengikuti perkembangan zaman, namun ia tak mengalami pengurangan kosa-kata. Artinya kosa-kata yang ada pada masa Nabi Muhammad SAW juga ada dan masih dipakai hingga hari ini.

Agaknya karena hal inilah ia dipilih sebagai bahasa diturunkannya Al-Quran oleh Allah SWT agar Al-Quran selalu dapat dipahami oleh umat manusia hingga datangnya kiamat nanti, Wallahu a’lam.

5. Bahasa Arab adalah salah satu bahasa Internasional yang diakui dunia.

Menurut situs resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations (UN), ada 6 bahasa yang dianggap sebagai bahasa resmi di forum PBB.

Berikut kutipannya:

There are six official languages of the UN.  These are Arabic, Chinese, English, French, Russian and Spanish. The correct interpretation and translation of these six languages, in both spoken and written form, is very important to the work of the Organization, because this enables clear and concise communication on issues of global importance.”

Intinya, Bahasa Arab, Bahasa China, Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, Bahasa Rusia, dan Bahasa Spanyol adalah 6 bahasa yang dianggap sebagai “Official Language” di sana.

Jadi, akan sangat menguntungkan sekali bagi orang yang menguasai salah satu dari 6 bahasa ini, khususnya dalam forum Internasional seperti PBB.

Dan masih banyak lagi alasan kenapa kita harus belajar bahasa Arab, jika Anda punya alasan lain, silahkan tulis di kolom komentar ya..

Bagikan:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views :